Home » » Inilah Bahan Pokok Makanan Yg di Palsukan

Inilah Bahan Pokok Makanan Yg di Palsukan

Baru saja diketahui ada beberapa bahan makanan yang ternyata dipalsukan! Ngeri banget!
Kayak kata Bang Napi di salah satu acara di TV nasional, kita sebagai warga negara memang harus semakin waspada. Bukan hanya kriminalitas yang menghantui, tapi juga ada hal lain yang harus diwaspadai.
Baru-baru ini ada berita tentang pembuatan beras palsu dari bahan dasar plastik. Mendengarnya saja sudah bikin kita takut setengah mati kan? Apa jadinya kalau beras berbahan plastik itu sampai masuk ke perut kita?
Lebih ngerinya lagi, bukan cuma beras saja yang dipalsukan. Belakangan ada berita bahwa ada air dan telur yang juga dipalsukan! Tambah ngeri lagi saat diketahui bahwa makanan palsu ini sudah beredar di Indonesia!
Beras Palsu
Kehebohan beras palsu semakin memanas saat seorang wanita bernama Dewi memasukkan gambar beras palsu di media sosial miliknya. Warga Bekasi ini mengaku membeli beras seperti biasa, di tempat biasanya ia membeli beras.
6c024fea64d14cfab2b1dc944894915f.jpg
Saat itu ia membeli beras yang berbeda dari biasanya. Menurut pedagang, beras ini berasal dari Karawang dengan merek Stararamos. Dewi pun membelinya tanpa curiga.
Begitu sampai di rumah, ia langsung mencoba mengolah beras itu untuk dijadikan bubur. Di sinilah keanehan baru terlihat.
“Biasanya kalau bubur sudah dingin kan bentuknya mengental dan menyatu gitu. Kalau ini beda, bentuknya seperti buliran dan kayak belum matang,” jelas Dewi.
724e541640cc4c6aa10569e4fb067727.jpg
Dewi pun ragu untuk menyantap bubur bikinannya itu. Ia pun mengolah beras tersebut jadi makanan lain. Kali ini, ia membuat nasi uduk untuk kemudian ia jual. Lagi-lagi, Dewi menemukan keanehan setelah memasak beras yang baru saja dibelinya itu.
Berbeda dari beras biasanya yang kalau dimasak akan menyerap air, beras ini justru mengeluarkan air saat dimasak. Penasaran, Dewi pun coba mencicipi nasi uduk tersebut. 
45e6795e51bd47ce9e37335ff2a29616.jpg
“Saat dimakan rasanya aneh banget. Lebih terasa sintetis gitu, kayak makan plastik,” tambah Dewi.
Telur Palsu
Nggak cuma beras, belakangan juga berhembus kabar bahwa ada telur palsu yang beredar di pasaran. Telur ini mengandung berbagai bahan kimia, yang bukan nggak mungkin berbahaya bagi kesehatan manusia kalau dikonsumsi.
ecdb542b868446729512f38d8b4d4ccd.jpg
Telur palsu ini dibuat dari berbagai macam bahan. Misalnya, bubuk yang nggak diketahui asal muasalnya, dicampur dengan agar-agar, asam benzoat, bahan coagulating, dan nggak ketinggalan, tawas. 
Kebayang dong bahayanya kalau bahan-bahan itu masuk ke dalam tubuh manusia?
143409_telur--bola-bekel-_300_225.jpg
Menurut beberapa ahli, bahan-bahan itu akan sangat berbahaya untuk jangka panjang, jika dikonsumsi oleh manusia. Karena bahan-bahan itu dapat bersifat karsinogen atau pemicu kanker. Nggak hanya itu, bahan-bahan itu juga terindikasi dapat menyebabkan Demensia.
b56ac6ca0af04adab403a37fdcfcaba9.jpg
Saat manusia menderita Demensia, mereka nggak bisa berpikir dengan baik dan berakibat nggak dapat beraktivitas dengan maksimal. Lama-lama, mereka akan kehilangan kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan jadi nggak terkendali emosinya.
Air Palsu
Kamu akan terkejut kalau tahu darimana sumber air yang dipakai untuk membuat air palsu ini. Pelaku mengumpulkan air dari got, sungai, dan sumur tanpa melakukan sterilisasi. Dengan hanya dibersihkan kejernihan tampilannya, air-air itu akan langsung dimasukkan ke dalam botol untuk selanjutnya dijual.
7249003295874881b4e4426b6e35ff50.jpg
Botol yang dipakai pun adalah botol bekas, yang kemudian direka sedemikian rupa untuk dijadikan kemasan botol baru. 
Lalu, bagaimana membuat air itu terlihat jernih?
99ec4b66b22b4c45bb864dbcb73899ac.jpg
Sumber terpercaya mengatakan bahwa pelaku menggunakan campuran boraks dan tawas untuk membuat air tersebut terlihat bening. Kebayang kan bahayanya? 

0 komentar:

Posting Komentar