KISAH INSPIRATIF Dari Gelandangan Menjadi Miliuner


Ada begitu banyak masalah dan rintangan di dunia ini. Ada begitu banyak cobaan dan godaan, onak dan duri, serta penderitaan dan kececewaan silih berganti yang datang menyapa tiada henti-hentinya. Suka atau tidak, kita pasti mengalaminya. We don’t have the capacity and capability to avoid it. Oleh karena itu, manusia memang diberikan kemampuan untuk menghadapi pahit getirnya kehidupaan dengan jiwa besar. Tidak ada perjuangan yang mudah dalam meraih sebuah impian dan harapan. Tidak ada penderitaan yang dapat diselesaikan semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan terkadang, untuk meraih semua impian harus melalui kerja keras, tetesan keringat, dan air mata.
Lantas adakah perjuangan setiap orang itu sama dan sebangun? Tentu saja tidak. Setiap orang mendapat pikulan beban berbeda-beda. Setiap orang memiliki jalan keluar yang berbeda-beda. Tiada seorangpun yang dapat mengatakan bahwa “Oh betapa enaknya hidup orang itu dibanding diriku!” Karena apa? Karena belum tentu orang yang terlihat sangat nyaman dan berbahagia itu sesungguhnya lebih berbahagia dari kita.
Masing-masing kita punya penderitaan dan beban tersendiri. Bagaimana kita menjalani dan mengatasinya, itu pertanyaan yang mestinya kita jawab. Bukan bertanya kenapa saya yang harus mengalami beban ini dan orang lain tidak. Bukankah kita tidak pernah tahu isi hati dan ‘isi dapur’ orang lain selain diri mereka sendiri? Jadi, perjuangkan saja secara benar happiness yang ada dalam impian masing-masing kita.
The Pursuit of Happiness
Kebahagiaan harus diupayakan dan dicari. Mungkin Anda sudah pernah nonton film atau baca buku tentang “The Pursuit of Happiness” Saya sudah berulang kali nonton film yang sangat inspiratif ini. Tidak pernah bosan. Film ini base on true story. Diangkat dari kisah nyata seorang gelandangan bernama Christoper Paul Gardner yang biasa disapa dengan Chris saja. Pemuda berkulit hitam itu lahir tanggal 9 Pebruary tahun 1954.
Dalam film tersebut, Chris sang gelandangan diperankan oleh seorang pemuda kulit hitam yang sangat piawai dan sungguh menjiwai karakter yang sementara ia perankan. Kita mengenalnya, Will Smith. Dan dalam film tersebut, karakter Chris memang benar-benar diperankan dengan sangat baik oleh Will Smith. Pembawaannya, gaya bicaranya, penampilannya. Sampai-sampai banyak orang harus mengangkat kedua jempol mereka untuk mengapresiasi kebolehan Will Smith. Orang Amerika menilainya dengan, ‘Two thumbs up.’
Singkat cerita, dalam alur kehidupan Chris terlihat jelas bagaimana pahitnya perjuangannya untuk bangkit dari keterpurukan. Ia sudah sampai pada titik penolakan yang luar biasa. Ia mesti tidur di tempat penampungan para gelandangan. Nampaknya, apa yang disebut manisnya madu kehidupan bukan milik Chris. Ia bahkan harus mengalami kepahitan yang lebih dalam lagi dengan tidak saja kehilangan tempat tinggalnya, tapi juga istri yang amat sangat ia cintai. Karena kehidupan ekonomi yang jauh di bawah standart, istrinya pergi meninggalkan dirinya seorang diri.
Ia sudah merasakan bagaimana sulitnya membayar utang yang semakin menumpuk. Pernah juga dirinya akhirnya harus ditangkap oleh polisi setempat. Dalam menjalani semuanya, ia masih harus tetap terus berpikir keras untuk anaknya, menyekolahkan, membeli buku pelajaran, dan menghibur anak laki-laki semata wayangnya itu. Ia mesti memikirkan cara terbaik supaya anaknya tidak ‘ikut-ikutan’ jadi gelandangan seperti dirinya.
Chris memang bukanlah seorang yang berpendidikan tinggi, tapi dia mesti terus berusaha dan berjuang memperjuangkan hidup dan kehidupannya, kalau tidak mau melihat dirinya dan anaknya mati di pinggir jalan karena kelaparan. Semua jalan keluar ia cari dan usahakan. Pantang baginya untuk menyerah dan berpasrah diri. Apapun diusahakan dan dilakukannya, tanpa mengeluh dan bersungut-sungut.
Memulai karirnya sebagai penjual portable scanner, ia mencoba untuk menggapai asa. Tapi ia juga pada saat itu rupa-rupanya menggantungkan sepenuhnya hidup dan masa depannya ‘hanya’ dengan menjual portable scanner itu. Tak jarang, scanner yang agak rusak ia perbaiki semalaman penuh, agar supaya bisa laku dijual keesokan harinya. Pernah pula suatu ketika scanner yang tinggal satu-satunya dicuri orang, membuat dirinya stress berat, mana ada beberapa hutang yang akan segera jatuh tempo. Ia benar-benar mengalami apa yang mungkin saja bagi orang lain mustahil dilalui. Baginya, hidup bukan untuk diratapi tapi harus diperjuangkan. Kelak, kebahagiaan yang akan ia raih tidak turun dari langit begitu saja.
Di kemudian hari, Chris Gardner mendapat kesempatan untuk magang di sebuah perusahaan broker. Ia mengikuti beberapa pelatihan terlebih dahulu. Karena niatnya yang kuat untuk belajar, maka ia selalu memperoleh nilai lebih dan bagus-bagus semua. Ia lantas dipanggil untuk diinterview. Dan Anda tahu apa hasilnya? Ia diberikan kesempatan. Lalu kesempatan yang dipercayakan kepadanya tidak ia sia-siakan. Itulah batu loncatan Chris menjadi seperti apa adanya ia saat ini. Kerja keras dan perjuangannya terbayar lunas. Bahkan berlipat-lipat ganda.
Tidak lebih dari satu tahun setelah itu, ia mulai meraih kesuksesan demi kesuksesan. Gelandangan itu kini telah menjelma menjadi seorang milyuner sukses, motivator, entrepeneur dan bahkan filantropis. Sekarang dia mempunyai Gardner Rich & Co, sebuah perusahaan pialang saham yang cukup ternama.
Perjuangan hidupnya sangat panjang dan penuh lika-liku. Ia sudah pernah merasakan betapa pahitnya hidup yang harus ia lalui dan jalani. Tapi, selalu saja, seperti istilah yang selalu saya pakai, bahwa you can see the bright light at the end of the tunnel.Ketika memasuki lorong yang gelap, percayalah di ujung lorong tersebut akan Anda temui cahaya terang. Jangan pernah putus asa. Akhirnya, ia juga merasakan betapa manisnya nikmat yang ia terima setelah lolos ‘ujian’ kepahitan hidup itu.
Laki-laki bernama Chris itu sudah membuktikannya. Buku-buku tentang kepahitan dan kesuksesan hidupnya laris manis. Film tentang kisah hidupnya sudah menginspirasi begitu banyak orang. Dan lagi, tahun 2012 ini dia masih menjabat sebagai CEO di perusahaan miliknya sendiri, sebuah perusahaan stockbrokerage, namanya sudah saya sebut tadi, Gardner Rich & Co.
Sudah saatnya kita mulai melihat dan menjalani hidup ini dengan paradigma dan cara pandang yang berbeda. Bahwa hidup ini akan menjadi bermakna dan lebih berarti bila kita menjalani dengan penuh ucapan syuku, kerja keras, dan pantang berputus asa. Bahwa tidak ada gading yang tiada memiliki keretakan, tapi pula tiada kerusakan yang tak mungkin diperbaiki. Tidak ada penderitaan dan beban yang olehkarenanya kita tidak mungkin lagi untuk bangkit, berhasil, dan berdiri tegak, serta sanggup menaikkan ucapan syukur. Tidak ada batasan apapun yang menghalangi kita melakukan hal ini: Mengucap syukur. Apapun kondisinya.
Betapa hidup ini memang perlu selalu dijalani dengan ucapan syukur. Bahwa tidak selamanya mendung itu akan selalu kelabu, dan juga bahwa tidak selamanya langit itu mesti secerah harapan dan keinginan kita. Alangkah indahnya kalau kita sanggup tersenyum bahagia di kala hujan tapi juga di kala panas mentari menghujam kita.
Happiness mesti diusahakan, dikejar, dan diperjuangkan. Kali ini kita belajar dari Chris Gardner. Tapi siapa tahu, di waktu yang akan datang orang lain akan belajar dari pengalaman hidup kita yang menginspirasi mereka.  

sumber: kompasiana

Anda Bosan Jadi Pegawai? Coba Tips berikut Ini!


Bosan jadi pegawai, adalah salah satu acara unggulan acara di Trans7. Acara yang sangat menarik karena mempertunjukkan salah satu realiti kehidupan bagi pegawai yang sudah bosan menjadi pegawai. Bagaimana rasanya menjadi pengusaha, bagaimana cara berbisnis dari mulai nol , proses bisnisnya sendiri sampai berapa sih penghasilan kalau menjadi pengusaha atau punya bisnis sendiri.
 
Saya liat juga di twitter, banyak akun yang mentweet soal bosan jadi karyawan..apakah salah satunya anda sendiri ? hehe..
Ya, mungkin  itulah yang menjadi ungkapan bagi Anda yang masih bekerja kantoran dan jenuh dengan segala situasi dan pekerjaan dan tentunya ingin mempunyai usaha sendiri.


Namun sebaiknya jangan terlalu gegabah, jika Anda sudah bosan jadi pegawai, sebaiknya Anda harus berpikir realistis dan tentunya melihat peluang sambil bekerja. Dengan melatih berbisnis dengan skala kecil tentunya akan membuka jalan untuk Anda yang ingin berwirausaha.


Ada beberapa saran dan tips untuk melatih Anda menjadi seorang pengusaha.


- Kumpulkan informasi mengenai produk yang dibutuhkan oleh pasar dalam jumlah besar. Sebaiknya andapun menyukai hal yang akan anda kelola


- Bikin beberapa daftar dari beberapa peluang bisnis yang anda minati. Urutkan sesuai dengan prioritas yang banyak pasarannya sampai sedikit.


- Bikinlah data dan beberapa survey tentang: daya beli pasar, distributor produk tersebut, harga pasaran, dan margin keuntungan yang bisa diperoleh dari setiap produk dibandingkan dengan harga pasar.


- Hitung margin keuntungan dari setiap peluang bisnis tersebut, dan tentukan apakah margin tersebut bisa meneutup biaya pengeluaran bulkanan pada saat Anda sudah menjalankan bisnis.


- Dari hitungan margin tersebut, pilihlah peluang yang memiliki potensi laba yang paling besar dan keloloah terlebih dahulu.


- Kemudian kumpulkan data dan informasi pengusaha yang telah sukses dalam menjalankan bisnis yang akan Anda jalani.


- Anda bisa langsung menanyakan dan belajar cara dan strategi mereka untuk sukses, itupun jika mereka mau berbagi. Tapi kalau tidak, Anda bisa mengamati dan tiru serta modifikasi strategi mereka dari jauh dan melakukan riset.


- Setelah riset, saatnya Action dengan skala kecil terlebih dahulu.
Pada saat menjalankan ini, Anda tidak harus keluar langsung sebagai karyawan. Meskipun anda sudah Bosan jadi pegawai,  pertahankan pekerjaan Anda sampai Anda merasa sudah bisa mengelola dan mendapatkan keuntungan yang besar. Hal ini juga untuk mengantisipasi jika terjadi kegagalan dalam bisnis baru ini. Semoga sukses!


Jika Anda , karyawan dan ingin memulai bisnis dengan modal kecil, ingin cepat berhasil tanpa meninggalkan pekerjaan, Anda bisa dapatkan di sini




Dilema Karier: Uang, Posisi atau Fleksibilitas


Banyak orang yang menyatakan "Keep doing what you love". Sebenarnya sejauh mana orang melakukan hal itu. Apalagi kalau itu berhubungan dengan pekerjaan sehingga kerap membuat orang berada dalam dilema.


Saat ini bisa jadi Anda sedang menikmati pekerjaan Anda karena sesuai dengan minat Anda dan merasa nyaman. Tapi, pada saat itu pula ada tawaran yang sangat menarik dengan gaji jauh lebih besar. Anda tertarik dan ingin mencoba namun takut karena pekerjaan ini berbeda dengan bidang kerja Anda sekarang.



Alexander Sriewijono, The Founder of Daily Meaning memberikan masukan bagi Anda yang mungkin bingung mengambil keputusan:



1. Pahami dulu istilah "Comfort Zone". 
Perasaan nyaman memang bisa membuat orang menjadi lebih tidak dinamis, namun bisa juga membuat orang dapat berbuat lebih nyaman.



Pekerjaan bukan hanya dinilai dari seberapa senang Anda melakukannya dan berapa banyak reward yang didapat, tetapi juga pertanyakan seberapa berkembang kita di pekerjaan tersebut.




2. Pertanyakan apa yang penting untuk Anda. 
Setiap orang punya kebutuhan yang berbeda. Ada yang menargetkan posisi tinggi, ada yang menargetkan gaji sebesar-besarnya, ada yang menargetkan fleksibilitas waktu kerja, ada yang menargetkan ruang kreativitas dalam bekerja, dan lain-lain.



Apa yang Anda pentingkan saat ini? Selain berbeda, hal yang dianggap penting oleh seseorang juga bisa berubah seiring berjalannya waktu. Bisa saja awalnya lebih mementingkan pengalaman kerja yang mengembangkan diri semaksimal mungkin, kemudian berubah menjadi uang karena dalam waktu dekat harus menikah atau sekolah lagi. Sah-sah saja.



Pemahaman di belakang keputusan dan tindakan akan menguatkan langkah yang akan diambil.






yahoo.com



tag:
dilema saat kerja, bingung cari kerjaan, cara memutuskan pilihan kerja, kerja berat gaji kecil,
Dilema antara Karier, Gaji, atau Aktualisasi Diri

8 Tipe Orang yang Sulit Mendapatkan Pekerjaan


Dalam proses mencari pekerjaan yang ideal, 8 tipe berikut ini adalah orang yang paling sulit mendapatkannya, seandainya anda memiliki salah satu ciri berikut ini, diharapkan anda segera memperbaikinya, untuk mempersiapkan pondasi di medan pekerjaan kelak.


Orang yang sentiment businessnya rendah



Intelligence Quotient (IQ) adalah menunjukkan suatu kemampuan kerja seseorang, sedangkan sentiment business mencerminkan manifestasi seseorang dalam bertingkah laku. Di dalam masyarakat yang akan datang, bukan saja harus pintar bekerja, tapi juga harus lebih bisa bertingkah laku, ada kalanya bertingkah laku lebih penting dari pada menangani suatu pekerjaan.



Orang yang lemah psikologisnya.



Dengan banyaknya tekanan dari berbagai Aspek yang tak terhindarkan dalam proses perkembangan perusahaan, terutama Beban dalam persaingan, jiwa yang lemah akan membuat anda tidak dapat memikul beban berat perusahaan, dengan menempa secara aktif jasmani dan rohani yang sehat baru bisa menjadi pemenang masa depan.

Orang yang berpengetahuan kuno (ketinggalan zaman)



Sekarang adalah zaman informasi yang maju pesat, kecepatan pengetahuan baru semakin berkembang pesat, jika bersandar pada pengetahuan yang dipelajari pada masa awal untuk menghadapi selamanya itu sama sekali sudah tidak memungkinkan lagi.



Orang yang berkemampuan (skill) tunggal.



Jika ingin terhindar agar tidak menjadi “barang yang tertimbun” dalam medan pekerjaan, maka satu-satunnya cara adalah mempelajari lagi beberapa ketrampilan, menguasai satu keahlian dan berbagai ketrampilan. Inilah sebabnya mengapa orang berbakat dengan type majemuk begitu diminati.



Orang yang reaksinya lamban. (dalam pikiran & tindakan)



Jika “lamban” pasti akan “lambat”, ketinggalan pasti kena hantam, tangkas dan cekatan barulah dasar kemenangan.

Orang yang berjuang sendirian



Kerja sama dan koordinasi dalam kelompok adalah pola yang tak terelakkan untuk selanjutnya.



Orang yang berpandangan dangkal



Perkembangan seseorang perlu secara terus menerus merancang dan merancang, harus memperhatikan rencana karir dan rancangan professional, serta segera sadari akan sangkar profesi individu, dan usahakan menyesuaikan pekerjaan sendiri.



Orang yang tidak pandai belajar



Dalam masyarakat pembelajaran sekarang, ketidaksamaan antar manusia terutama adalah perbedaan dalam kemampuan belajar, kunci “perpaduan” antar manusia terletak pada “perpaduan” kemampuan belajarnya, harus menjadi orang yang “belajar dan paham dengan yang dipelajari”, dan sebaliknya bagi yang belajar tapi tidak memahami atau tidak tahu bagaimana belajar, maka cepat atau lambat pasti akan di singkirkan.

Semoga bermanfaat, salam sukses..!



source


Jadi Entrepreneur Tidak Perlu Kaya Dulu

Menjadi Entrepreneur adalah Pilihan Karir, bukan Pilihan Akhir. Entrepreneur dibayar karena mereka layak dibayar, mereka dibayar karena menjadi solusi dr masalah org lain.

Titel seorang entrepreneur dibeli dgn usaha,pengorbanan dan kerja cerdas, bukan dibeli dengan GENGSI. Diawal karir seorang Entrepreneur tidak perlu malu tidak punya uang, tidak harus kaya dulu baru jadi Entrepreneur. Tidak punya uang adalah masalah ekonomi, tp miskin adalah masalah mental. Solusi masalah ekonomi seorang entrepreneur adl dgn menyediakan solusi bagi masalah org lain.

Tidak ada waktu yg tepat untuk mulai membangun karir jd seorang entreprenur, tidak perlu tunggu tabungan banyak dulu baru memulai. Tidak perlu menunggu sebentar lagi pensiun baru memulai karir jadi entrepreneur. Menjadi seorang entrepreneur adalah menjadi solusi bagi masalah orang lain, bukan sekedar cari untung. Dimana ada kemauan disitulah ada jalan, tidak ada waktu bukanlah alasan untuk memulai karir entrepreneur. Mulailah ber-entrepreneur maka anda akan memiliki banyak waktu.

Singkat - Jelas - Padat, kalo kebanyakan tar muntah hehee semoga bermanfaat dalam menginspirasi semakin banyak orang untuk beralih jadi entrepreneur untuk menyelesaikan masalah ekonomi bangsa ini. Amiin

Apa itu Entrepreneur? baca ulasannya disini


Inilah Tips Melipatgandakan Penjualan Barang Dagangan Anda


Produk yang mempunyai kualitas tinggi tidaklah cukup untuk mendongkrak penjualan Anda. Banyak hal yang menentukan suksesnya penjualan. Berikut beberapa langkah dalam meningkatkan penjualan bisnis Anda:

Temukan konsumen baru
Cara termudah untuk meningkatkan penjualan adalah merambah pasar baru yang belum begitu memiliki persaingin bisnis yang tinggi. Artinya, Anda harus mendapatkan pelanggan baru dan menawarkan produk kepada mereka. Tinggalkan secepat mungkin cara-cara yang kurang efektif dan efisien, terapkan promosi inovatif dalam menjaring konsumen, misalnya dengan menggunakan teknologi internet.

Kenali produk Anda
Anda harus orang pertama yang mengenal secara detail produk yang akan dijual, baik sisi kelebihan dan kekurangannya. Jadi sebelum melakukan gencar promosi, kenali dulu dengan baik produk yang akan Anda jual, sehingga pengetahuan Anda mengenai produk menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen.

Permudah prosedur pembelian
Buat prosedur pembelian produk yang dapat dilakukan dengan mudah, aman, dan nyaman. Konsumen jangan disulitkan dengan hal-hal teknis yang dapat menghambat proses pembelian produk. Kalau bisa Anda berikan opsi cara pembelian yang lebih berkesan kepada konsumen, sehingga konsumen akan nyaman membeli produk sesuai dengan keinginannya masing-masing.

Kenali strategi pesaing
Dalam memasuki pasar Anda tidak sendirian, banyak pesaing di ceruk pasar yang sama. Jadi kenali pesaing dengan baik dan terapkan metode terbaik yang Anda punya, sehingga Anda bisa meningkatkan penjualan bisnis Anda.




Inilah Penyebab Surat Lamaran Kerja anda Selalu ditolak


Bila Surat Lamara Kerja anda terus ditolak, mungkin Tips dibawah ini adalah salah satu penyebabnya. Mudah-mudahan bermanfaat dan menjadi bahan pelajaran buat anda.

Contoh surat lamaran yang salah:

1. JANGAN TERLALU BANYAK MENGGUNAKAN SINGKATAN

Dgn Hrmt.

ttrk dgn ikl lwg krj yg dmt pd srt kbr edisi sls , sy brmskd mengisi lwg yg bpk bthkn ,

rdri thn 1999 - 20... , sy tlh bkj di aptk km farma , di bag cln srv. dri thn 20...-20... , sy bkj di LC bank sbg kabag keu. dri thn 2005- smp skrg jd tkg pkr di BIp

2. JANGAN TERLALU BANYAK LAMPIRAN

sebagai bahan pertimbangan bapak , bersama ini saya sertakan :

a. foto copy KTP bapak saya
b. pas foto saya waktu disunat
c. surat kelakuan baik seluruh keluarga saya
d. bon hutang selama 1 tahun
e. proposal permintaan sumbangan pembangunan mesjid di Rt saya

3. BAHASANYA SOK GAUL

Dgn hromat banget , boss!!!!

halo boss , capee deeehhh!!!! apa kabar nich.....? baik baik aja dong , iya kan iya dong , bener kan bener dong....? saya mo ngelamar kerja nich..boleh dong...please...boleh ya...?

4. BAHASANYA SOK PREMAN.

gue pernah kerja di kantor bokap , tapi lantaran gue sering bolos sama sering ngegodain sekretaris kantor, gue dikeluarin, setan banget deehhh!!!!

makanya sekarang gue ngelamar kerja di kantor elo , ga usah khawatir soal jabatan deh.....gue sih yg penting dibayar gede sama elo. ok deh!! gue tunggu panggilan kerja dari elo di rumah gue , kalo sampe tiga hari belom juga ada panggilan , elo bakal tau sendiri akibatnya....!!!!!!!

5. BAHASANYA SOK AKRAB.

Dengan hormat ,

hai apa kabar nih...? baik baik aja kan...?
saya juga ketika menulis surat ini dalam keadaan sehat wal afiat, semoga kamu juga baik baik aja seperti saya disini. ngomong ngomong gimana kabar anak anak , sehat kan..? istri pasti makin cantik aja.....salam aja ya buat mereka. oya ..hampir lupa, saya bermaksud melamar pekerjaan pada perusahaan kamu bisa kan,.,,..?

6. TERLALU RESMI DAN BERTELE TELE.

Dengan hormat,

setelah saya membaca iklan lowongan pekerjaan di surat kabar ternama di ibukota , saya sangat tertarik dengan iklan yang anda muat disitu. oleh karena itu saya bermaksud untuk melamar pekerjaan tersebut dan juga sekalian harapan saya , dengan surat lamaran ini kita bisa mempererat tali silaturahmi antara kita berdua , bukankah dalam agama pun telah diterangkan betapa pentingnya arti sebuah silaturahmi...




Tips dan Cara Jitu Untuk Sukes Ujian CPNS


Seperti kita ketahui, Mencari kehidupan untuk masa depan yang lebih baik adalah pilihan setiap orang, terutama di Indonesia masih banyak anggapan bahwa menjadi PNS akan memberikan masa depan yang lebih baik karena adanya fasilitas tunjangan keluarga, pensiun, dan kemudahan serta fasilitas lainnya.
Maka tidaklah heran bila setiap tahunnya test CPNS membludak…, penuh oleh pelamar. Namun dengan membludaknya pendaftaran test CPNS maka semakin kecil pula peluang untuk lulus, karena persaingan tentunya banyak sekali.
Terkadang yang dicari cuma 2 orang tapi yang daftar bisa lebih dari 300an, bisa lulus gak ya?? Perlu anda ketahui bahwa faktanya :
  1. 60% para peserta test masuk CPNS adalah orang yang berniat mencoba-coba peruntungannya (mitos untung-untungan masih berlaku dikalangan masyarakat kita saat ini), atau mungkin dia sudah punya kerjaan tetapi mencoba siapa tahu lulus CPNS jadi bisa lebih baik.
  2. 20% peserta test masuk CPNS adalah orang yang baru lulus kuliah dan tentunya ingatan dan semangatnya masih sangat segar.
  3. 10% peserta test masuk CPNS adalah orang yang merasa dirinya pasti lulus dan menganggap test ini hanya formalitas, misalnya karena dia sudah lama menjadi honorer yang memang sudah ada tempat untuknya atau karena hal lainnya…
  4. dan mungkin kurang dari 10% orang yang memang bersungguh2 untuk belajar dan mempersiapkan dirinya untuk mendapatkan tempat menjadi abdi negara/PNS.
Terlepas dari hal itu, kita harus usaha dan doa dan jangan berkecil hati bila melihat pelamar yang begitu banyaknya… setidaknya lebih baik mencoba daripada mundur sebelum perang.
Sebelum itu anda harus melakukan beberapa hal apabila anda ingin memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi :
  • Carilah informasi setiap instansi tentang penerimaan CPNS setiap tahunnya, bisa dengan cara searching di internet, di Depnaker, atau melalui teman2 anda apalagi jika memiliki teman yang juga kerja di instansi tertentu.
  • Biasakan membaca dan latihan dengan buku test CPNS yang banyak dijual dipasaran, meskipun anda sekarang sedang menjadi karyawan swasta atau kerja serabutan.. sempatkan seminggu 3x untuk latihan soal agar otak anda tetap tajam meski sudah lama lulus dan tidak pernah buka buku kuliah lagi. Dengan latihan akan membiasakan anda dalam menghadapi soal… terus aja belajar meskipun belum tahu kapan akan ada penerimaan CPNS.
  • Dalam mengasah kemampuan anda, latihan dilakukan dengan porsi 40% Test Pengetahuan Umum (TPU), dan 60% Test Bakat Skolastik (TBS) artinya perbanyaklah latihan TBS. Ini dikarenakan TBS banyak bersifat hitungan dan rumus, jadi memudahkan kita untuk mempelajarinya dengan cara menghafal pola dan rumusnya… kalo TPU itu materinya terlalu umum sehingga susah bagi kita untuk mengingat semua materinya.
  • Tetaplah bersemangat untuk mengerjakan latihan2, atau bahkan jadikan itu seperti kebiasaan anda sambil menunggu adanya penerimaan CPNS.
  • Cara latihan mengerjakan soal yang baik ialah dengan sering mengulanginya, jangan melihat lembar jawabannya dulu.. Misal latihan tahap pertama, kerjakan dengan perlahan kemudian setelah selesai beri nilai terhadap pekerjaan anda (orang lain boleh menilainya dengan melihat lembar jawaban yang ada, bila perlu anda tidak boleh tahu lembar jawabannya) bila nilai kurang dari 70% ulangi lagi. Latihan tahap Kedua, gunakan waktu dalam menjawab misalnya diberi batas waktu 60 menit untuk 50 soal.. Ulangi terus sampai anda bisa mendapat nilai minimal 70%
Bila masa penerimaan CPNS telah tiba, inilah saatnya bagi anda untuk berperang. Berikut ini ada beberapa trik yang bisa anda lakukan untuk berperang pada test CPNS… (100% Jujur) :
Sebelum pelaksanaan test
  • Lihat semua pengumuman penerimaan CPNS disetiap instansi, kumpulkan informasi penerimaan CPNS yang mencari jurusan ijazah yang anda miliki.
  • Masukkan semua berkas lamaran pada semua instansi yang mencari jurusan anda dan ambil nomor ujiannya (masukin aja dulu, nanti baru kita tentukan mau ujian dimana karena biasanya tanggal ujiannya serentak).
  • Bila pengumuman nama2 peserta CPNS telah diumumkan pilihlah di instansi mana yang jumlah pesertanya paling sedikit, yah ini karena kemungkinannya paling tinggi jadi persaingannya gak terlalu banyak.
  • Siapkan perlengkapan perang anda… Belilah perlengkapan alat tulis yang baik dan bagus, misalnya pensil 2B harus asli, papan untuk alas, penghapus karet yang bagus, pulpen, dan persiapan lainnya.
  • Pakailah jam tangan untuk mengetahui waktu saat ujian nanti.
  • Selalu berdoalah kepada Tuhan karena segala usaha yang kita lakukan akan mendapat rahmat dan ridhoNya.
Saat Pelaksanaan Test
  • Isilah identitas nama dan nomor test anda dengan benar pada lembar jawaban, perhatikan kolom2 isian yang harus dihitamkan dengan seksama jangan sampai salah, begitu pula pada saat menjawab lakukan dengan perlahan dan hati2.
  • Pada saat soal dibagikan, jangan terburu2 mengerjakan… lihatlah berapa jumlah seluruh soal dan berapa waktu yang harus dikerjakan. Faktanya waktu yang disediakan sangat mepet sekali sehingga kemungkinan besar kita tidak mungkin menjawab semua soal bila kita berfikir dengan sungguh2.. Misal 60 menit untuk 50 soal, itu berarti waktu anda hanya 1 menit 20 detik untuk tiap soal, kira2 dengan waktu tersebut sungguh susah untuk mengerjakannya dengan sangat akurat seperti latihan (kalo latihan kan sering kita ulang2).
test masuk cpns
Cara Mengerjakan Soal
Cara mengerjakan yang baik adalah seperti kuiz2 di televisi gitu, ada 3 pilihan metode menjawab yaitu :
  1. Jawablah yang menurut anda kemungkinan benarnya 80-100%,
  2. Bila dalam 1 soal ada 2 jawaban yang ragu2 (50:50 kemungkinan benarnya) maka beri tanda dengan pensil dan tinggalkan, cara ini juga berlaku bila anda meragukan sebuah jawaban,
  3. Untuk soal yang sama sekali tidak anda ketahui secara pasti sebaiknya anda tinggalkan.
  • Langkah yang anda harus lakukan adalah menjawab semua soal sesuai dengan metode diatas, baca soal dengan perlahan kemudian lakukan sesuai dengan metode 1, 2, dan 3… Baca berurutan mulai dari soal 1 dampai selesai.
  • Selanjutnya kembali ke soal yang ditandai dengan pensil (metode 2) disini anda meragukan 2 jawaban atau sebuah soal yang bernilai 50:50 kemungkinan benarnya, nah anda boleh menebak salah satu dari 2 jawaban ini karena mungkin benar mungkin salah (untung2an maksudnya, tetapi nilai untung2annya 50%) Anda harus cepat mengambil keputusan karena sisa waktunya sangat pendek.
  • Langkah terakhir adalah soal yang sama sekali tidak anda ketahui, soal ini adalah soal untung2an. Ini terakhir kali dikerjakan bila sisa waktu tinggal 3-5 menit… Cara melakukannya adalah dengan melihat komposisi jawaban yang telah anda isi sebelumnya lihat mana yang paling banyak, misalnya yang paling banyak diisi adalah pilihan A. Maka isilah/hitamkanlah jawaban dari soal yang tidak anda ketahui itu dengan pilihan A semua… Misal ada sisa 20 soal yang anda tidak ketahui, maka 20 soal itu diisi A semua.
  • Pastikan tidak ada jawaban yang kosong, periksa kembali apakah nama dan nomor peserta telah benar, hapuslah tanda2 yang anda buat di lembar soal.
  • Kumpulkan pekerjaan anda..
Catatan :
Kerjakanlah soal dengan kemampuan anda sendiri, jangan melirik2 kekanan kiri atau risau dengan peserta lainnya yang sudah keluar duluan. Selalu perhatikan sisa waktu, bila sisa waktu masih mencukupi cobalah menjawab soal2 yang masih ragu menurut anda.

Penelusuran yang terkait dengan ujian cpns



Sumber Artikel: Bpk Irvan di  http://fansmania.wordpress.com