-->

Cara Mempercepat Kinerja Windows XP


Semakin lama kamu menggunakan komputer, terasa Windows semakin lambat. Kebanyakan penyebab lambatnya sebuah komputer karena terlalu banyak program yang terinstall padahal semua software tersebut tidak penting. Tapi, saya punya tips untuk pengguna Windows XP untuk mempercepat komputer.
Berikut caranya:

Mematikan Service Yang Tidak Penting
Windows datang dengan berbagai service, atau proses di background yang membantu OS untuk berjalan setiap harinya. Tetapi, banyak service tersebut sebenarnya tidak kita gunakan. Jadinya, service tersebut harus dimatikan untuk mempercepat komputer kita.

Tentu saja, banyak service dari Windows yang perlu tetap dihidupkan, jadinya kamu harus hati - hati dengan apa yang kamu matikan servicenya. Tapi, jika kamu mematikan service yang tepat, maka komputer kamu akan cepat.

Untuk mematikan service dari Windows:
  • Tekan tombol WIN + R lalu ketik "services.msc"

  • Sekarang, kamu akan menonaktifkan service yang tidak kamu perlukan. Cara mematikan service adalah dengan klik kanan service yang tidak diinginkan lalu klik Stop. Inilah beberapa service yang mungkin kamu tidak butuhkan:

  1. Task Scheduler: Digunakan untuk menjadwalkan task untuk diluncurkan. Jika tidak dibutuhkan, kamu bisa mematikannya.
  2. Automatic Updates: Otomatis mencari update untuk Windows XP
  3. Smart Card: Jika kamu tidak mempunyai Smart Cards, matikan saja servicenya.
  4. Error Reporting Service: Service ini adalah dialog box yang selalu muncul jika sebuah program mengalami crash atau error. Dan akan menanyakan kamu untuk melaporkan ke Microsoft atau tidak. Jika kamu tidak ingin melaporkannya, silahkan dihentikan servicenya.
  5. Telnet: Berguna untuk mengendalikan komputer kamu dari jauh melalui Network. Jika kamu tidak pernah menggunakannya, silahkan di Stop saja.
  6. Remote Registry Service: Service ini untuk mengedit registry dari jarak jauh, dengan kata lain, dari komputer lain, kita bisa mengedit registry komputer kita. Kita tidak mungkin membutuhkannya, silahkan di Stop.
  7. Clipbook: Berguna untuk copy/paste dari jarak jauh menggunakan 'private network'. Kita pasti tidak pernah menggunakannya, jadinya, silahkan di stop.
  8. Alerter: Service ini sama sekali tidak berguna. Pada Service Pack 2, service ini otomatis sudah di stop.
  9. Wireless Zero Configuration: Ini berguna jika kamu menggunakan WiFi, jika tidak punya WiFi, silahkan di stop.
  10. Uninterruptable Power Supply: Jika kamu tidak mempunyati UPS, maka silahkan untuk di stop.
  11. Windows Messenger: Service ini biasanya digunakan untuk penyebaran Spam. Saya sarankan untuk di stop.
Begitulah cara mempercepat Windows XP...Semoga bermanfaat!
LihatTutupKomentar