-->

Cara Menambah Partisi Pada Windows 7

Komputer shobat cuma satu partisi aja? mungkin ada yang sudah tau cara membuat partisi dengan software-software tertentu, kali ini saya coba kasih trik menambah partisi tanpa software tambahan karena, windows7 sudah menyediakan fasilitas untuk mengatur partisi.
Berikut caranya:

Buka Control Panel >> kemudian Klik Performance and Maintenance, lalu pilih Administrative Tool

  1. Kemudian pilih Computer Management.
  2. Untuk menambah partisi kita harus memperkecil ukuran partisi Drive C dulu, baru kemudian bikin partisi baru. Klik kanan pada Drive C: kemudian klik “Shrink Volume”.
  3. Selanjutnya Disk Management akan melakukan queri terhadap drive C. Tahap ini biasanya akan memakan waktu yang durasinya tergantung kapasitas drive C.
  4.  Kemudian muncul jendela Shrink C  bisa memasukan besarnya partisi yang akan dibuat. Misalnya saya memasukkan adalah 40000(40Gb). Masukkan pada bagian “Enter the amount of space to shrink in MB”. Usahakan ukuran partisi yang akan dibuat tidak melebihi kapasitas yang tertera pada “Size of available shrink space in MB”. 
  5. Setelah itu, hard disk akan terbelah jadi 2. Muncul keterangan “Unallocated”.
  6. Langkah selanjutnya adalah memformat partisi baru itu. Klik kanan pada partisi (unallocated) kemudian pilih “New Simple Volume”.
  7. Muncuk jendela Welcome. Klik “Next”.
  8. Muncul jendela Specify Volume Size. Di sini kita bisa menentukan jumlah besarnya hard disk akan akan diformat. Langsung saja klik “Next”.
  9. Muncul jendela Assign Driver Letter or Path. Di jendela ini kita menentukan huruf drive untuk partisi. Kemudian Klik “Next”.
  10. Selanjutnya muncul jendela Format Partition. Tentukan sistem file untuk partisi—NTFS atau FAT. Saran saya pilih NTFS kemudian Klik “Next”.
  11. Muncul halaman yang menampilkan pengaturan yang sudah kita buat. Periksa dahulu sebelum klik “Finish”. Jika ada yang salah, klik “Back”.
  12. Setelah proses pembuatan dan format partisi selesai, periksa Disk Management. kita juga dapat memeriksa di Windows Explorer. Pastikan ada drive baru. OK, selesai.!


LihatTutupKomentar