-->

Cara mudah mengatasi Printer Canon IP2770 Eror Blink

Kucobaberbagi- Sebenarnya postingan saya kali ini sudah pernah saya bahas sebelumnya dengan judul Mengatasi Printer Canon IP2770 Blink 16x Orange, namun untuk kali ini akan saya bahas dengan cara yang berbeda, meskipun permasalahannya sama dengan topik sebelumnya.

Bagi yang memiliki Printer canon Ip2770 pastinya pernah mengalami, dan tidak sedikit setelah menjumpai masalah tersebut printer langsung dibawa ke tukang servis dengan biaya yang mahal, tindakan tersebut seharusnya tidak perlu  jika kita tahu penyebab dan solusinya.
Seperti yang saya alami kemarin sore tanggal 9 september 2012, printer saya gunakan untuk ngeprint 50 an lembar kertas, walhasil tinta habis  printerpun ngadat, ngambek alias mogok kerja meskipun sudah saya isi ulang tintanya,  padahal masih puluhan halaman yang belum tercetak.
Mengetahui hal tersebut saya tenang-tenang saja karena hal itu sering saya alami, biasanya masalah tersebut cukup saya gunakan cara sebagaimana dijudul postingan "Mengatasi Printer Canon IP2770 Blink 16x Orange". 
Setelah cara tersebut saya praktekkan ternyata printer masih ngambek juga, sampai cara tersebut saya coba berulang-ulang namun tetap saja nihil hasilnya, sampai saya berfikir apakah cara ini sudah basi atau sudah tidak berlaku lagi?, kemudian saya coba tanya mbah google mungkin saja punya solusi lain, dari hasil browsing untuk masalah itu menghasilkan jawaban yang sama, tidak jauh beda apa yang saya praktekkan.
Waduh.. puyeng juga akhirnya kalau seperti ini hasilnya, meski demikian saya tetap gak mau nyerah gitu saja, akhirnya saya berfikir untuk melakukan uji coba atau bereksperimen dengan cara lain, mau tahu caranya? in dia caranya:

  1. Bismillahirrahmanirrahim Catridge saya lepas, saya bersihkan pakai kapas sampai tidak nampak ada tinta yang meluber disekitar catridge, kemudian saya pasang kembali.
  2. Selanjutnya printer saya matikan dan kabel USB printer saya lepas.
  3. Langkah berikutnya saya Uninstall driver printer Ip2770, (saya sarankan di Uninstall semua driver dan software utility printer tersebut).
  4. Cara keempat komputer saya restart, kemudian saya install kembali drivernya, bagi yang belum punya driver Canon IP2770 bisa didownload disini. Ketika proses install driver, printer saya nyalakan dan kabel usb printer saya pasang  kembali.
  5. Setelah proses instalasi driver selesai saya coba test print 1 halaman, Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan, printer kerja kembali tidak ada pesan eror, lampu printerpun yang sebelumnya berkedip-kedip terus akhirnya bisa kembali normal, hmm... tau gini kenapa gak dari tadi.. hehe... itulah yang namanya proses untuk dapat ilmu/pengalaman baru.
Dari kejadian diatas bisa saya ambil kesimpulan:
1. Pesan peringatan yang terjadi pada printer Canon IP2770 seperti gambar dibawah ini:
sepenuhnya bukan karena ada kesalahan hardware pada printer, seperti catridge bemasalah, selang tinta tersumbat atau catridge belum terpasang. Jika kita cermati pada peringatan tersebut ada indikasi bahwa catridge hitam  butuh direset atau mengalami run out, kenapa bisa run out? setahu saya printer sejenis pixma ip2770 hanya bisa buat untuk cetak/print maksimal 5 rim, setelah itu catridge harus diganti atau tanpa ganti catridge asalkan tinta refilnya sesuai yang asli bawaan catridge, namun dalam kenyataannya kita tidak bisa melakukan hal tersebut  karena mahalnya harga apalagi kita maunya yang hemat saja, jika  tinta habis cukup dengan isi ulang (refill) atau kita buat sistem infus yang penting tinta cocok buat canon sejenis itu meskipun merek berbeda, betul gak shobat? hee..hee.. ngaku aja deh...., maka jangan heran jikalau printer sering bermasalah bahkan rentan rusak catridgenya.
2. Kesimpulan saya selanjutnya bahwa perangkat lunak (software) printer ini sudah didesain khusus untuk mendeteksi jika ada tinta refill yang bukan asli bawaannya, namun software ini juga ada kelemahannya terbukti mudah kita akali dengan berbagai cara agar pesan eror itu tidak muncul.
3. Selanjutnya, jika kita menginginkan printer ini awet dan tidak sering ngadat maka gunakanlah tinta sesuai yang disarankan dari Canon sendiri meskipun biaya lebih mahal.
4. Terakhir, kenalilah penyebab utama eror printer anda , banyaklah bertanya tentang cara menggunakan printer yang benar dan cara servis printer, kalau malu bertanya kepada teman atau saudara silahkan tanya mbah google, jika tidak tahu siapa itu mbah google tanya saja kesaya melalui kolom komentar dibawah ini, insyAllah akan saya beritahu siapa itu mbah google, yang jelas itu bukan mbah saya. hehe..hee....

Selamat mencoba dan selamat bereksperimen....! semoga bermanfaat!


LihatTutupKomentar