-->

Makan Telur Saat Hamil Kurangi Risiko Penyakit pada Bayi


Para peneliti mengklaim bahwa menyantap sejumlah telur dan daging yang sudah diiris tipis-tipis, akan mengurangi risiko bayi yang belum lahir dari tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan mental saat telah dewasa nantinya.

Sebuah nutrisi bernama choline, yang ditemukan di dalam daging, telur, kacang, dan brokoli, bisa menurunkan risiko anak mengalami penyakit yang berhubungan dengan stres dan kondisi kronis lainnya di kehidupannya kemudian hari.

Menurut pakar, perempuan bisa diberikan tablet choline dengan cara yang sama ketika asam folic diresepkan untuk menurunkan risiko anak yang dilahirkan dengan cacat seperti spina bifida. 

Para peneliti dari Universitas Cornell mempelajari perubahan dalam “penanda epigenetik” – unsur kimia yang menempel pada DNA kita dan mempengaruhi bagaimana genetik kita bekerja – dalam sebuah kelompok terdiri dari 26 perempuan hamil pada trimester ketiga mereka.

Penanda epigenetik sangat penting karena menentukan apakah gen seseorang bekerja dengan tepat atau tidak.

Beberapa perempuan kemudian diminta meminum 480 mg choline tiap hari dalam makanan dan suplemen mereka – jumlah yang sedikit di atas dosis yang direkomendasikan – sementara yang lainnya diberikan 930 mg per hari. 

Dosis yang lebih besar menyebabkan lebih banyak kandungan kimia ke DNA perempuan, mengubah gen yang mengatur aktivitas hormon, menurut temuan para peneliti.

Gen-gen yang mengatur produksi kortisol, hormon yang sebelumnya terkait dengan risiko gangguan stres dan metabolisme sepanjang hidup, berhasil diturunkan sehingga level di dalam darah bayi, 33 persen lebih rendah.

Prof Eva Pressman, yang memimpin penelitian ini mengatakan ibu-ibu yang mengalami kecemasan dan depresi – kondisi yang naik karena level kortisol – bisa mendapatkan keuntungan dari mengonsumsi choline sebagai bentuk perlindungan.

“Suatu hari kami kemungkinan meresepkan choline dalam cara yang sama dengan kami meresepkan folat ke semua perempuan hamil. Ini murah dan secara nyata tidak memiliki efek samping dalam dosis yang disediakan dalam penelitian ini,” ujar Pressman. 

beritasatu

Penelusuran yang terkait dengan kesehatan ibu hamil
kesehatan ibu hamil muda
info kesehatan ibu hamil
kondisi ibu hamil
masa hamil
kandungan ibu hamil
makanan ibu hamil
wanita hamil
tips sehat ibu hamil
LihatTutupKomentar