Home » » Tips Aman Dalam Mengemudi Ketika Hujan Lebat

Tips Aman Dalam Mengemudi Ketika Hujan Lebat


Intensitas hujan beberapa hari ini makin meningkat. Bahkan di beberapa wilayah sering terjadi hujan lebat disertai dengan angin kencang.

Kondisi seperti ini cukup berbahaya bagi para pengendara baik pengendara sepeda motor maupun mobil. Nah untuk pengemudi mobil jangan anggap remeh jika terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

Seperti yang dikatakan oleh Road Safety Charity IAM, ada beberapa cara mengemudi aman ketika kita dihadapi dengan cuaca buruk seperti itu.

1. Sebelum berangkat, jika mobil Anda dilengkapi dengan fitur heater atau AC, sebaiknya manfaatkan fitur itu. Meski udara dingin karena hujan, jangan biarkan sistem udara kabin tidak dinyalakan.

Sebab saat terjadi hujan, biasanya ada uap air yang menghalangi pandangan Anda. Penggunaan heater dan AC bisa meminimalkan gangguan pandangan.

2. Saat terjadi hujan lebat usahakan berjalan lebih pelan dari biasanya. Saat hujan, kemampuan mobil untuk mengerem biasanya berkurang 2 kali lipat. 

Berjalan pelan juga bisa untuk menghindari semprotan air dari kendaraan lain, terutama saat mengikuti kendaraan besar.

3. Jaga mata Anda saat mengemudi dengan mobil yang ada di depannya. Pikirkan bagimana caranya Anda mengerem, dan menginjak gas agar kendaraan tetap terkontrol. Manuver mobil secara tiba-tiba akan membuat mobil tidak seimbang.

4. Angin kencang juga dapat mengganggu Anda dalam mengemudi. Jadi usahakan pegang kemudi Anda dengan kencang, sehingga jika ada angin kencang Anda tetap bisa mengemudikan mobil atau motor dengan baik.

5. Jika kendaraan Anda dilengkapi dengan Cruise Control maka kalau hujan deras hindari penggunaan Cruise Control karena dapat menciptakan masalah. Hindari penggunaan Cruise Control dalam keadaan jalan yang basah.

6. Pasang lampu depan mobil atau motor Anda. Hal ini sebagai tanda bahwa ada kendaraan di depan dan di belakang Anda.

Nah jika mobil Anda terpaksa menghadapi jalan yang digenangi air (banjir) maka hal yang perlu Anda lakukan yakni :

1. Pilih jalan yang paling tinggi dari genangan air tersebut.
2. Setelah Anda keluar dari genangan air itu, keringkan rem sebelum Anda membutuhkan untuk mengerem. Caranya injak pedal rem Anda secara perlahan dan lakukan berulang-ulang kali. Tentunya setelah melihat kondisi belakang mobil Anda aman.

"Ketika mengemudi dalam kondisi jalan basah, pengereman akan semakin dibutuhkan dan visibilitas akan semakin berkurang. Usahakan ketika jalan basah mengemudi dengan kecepatan yang lebih lampat," ungkap Chief IAM Peter Rodger dalam siaran pers.

detik-Otomotif

0 komentar:

Posting Komentar