Home » , , » INILAH 6 MAKANAN YANG DIPALSUKAN

INILAH 6 MAKANAN YANG DIPALSUKAN

Peredaran makanan palsu ternyata sudah banyak terjadi di China. Selain beras palsu berbahan plastik, ada juga makanan/minuman sehari-hari yang kita konsumsi telah diproduksi versi palsunya dan dijual ke pasaran. 

Beginilah kalau pedagang tidak memiliki moral yang baik dan hanya mementingkan keuntungan pribadi. Dengan teganya membohongi bahkan membahayakan kesehatan konsumennya dengan menjual produk makanan yang palsu berbahaya. 

Seperti susu, bakpao, telur, bihun, dan daging palsu dibuat mirip seperti aslinya. Mungkin jika Anda tidak teliti, maka Anda akan mengira itu benar-benar asli dan layak dimakan. Untuk itu, mulai sekarang Anda perlu waspada saat membeli makanan. Namun, semoga saja ini tidak terjadi di Indonesia. Nah, berikut ini simak ulasan lengkap makanan dan minuman yang dipalsukan dan beredar di China!
1. Susu Palsu Dari Melamin
Peredaran susu palsu diketahui terjadi di China pada 2009. Puluhan ribu bayi keracunan karena susunya mengandung melamin. Padahal melamin sangat berbahaya dan dapat menyebabkan sakit gagal ginjal.

2. Telur Palsu Dari Tawas

Astaga! Dari bentuknya telur palsu itu tampak asli. Cangkangnya dibuat dari campuran kalsium karbonat, sedangkan isi telurnya dibuat dengan natrium alginate, tawas, dan gelatin yang bisa merusak lambung orang yang mengkonsumsinya.

3. Bihun Palsu Dari Gandum Berjamur

Pembuat bihun palsu ini mungkin berpikir bahwa tepung gandum yang sudah berjamur dan kadaluwarsa masih bisa dikonsumsi dengan dijadikan bihun. Padahal jika dimakan, maka akan menyebabkan diare yang akut.

4. Bakpao Palsu Dari Karton

Bakpao di China banyak yang berisi daging babi. Namun ternyata, bakpao yang ditemukan pada 2007 berisi daging palsu yang terbuat dari kertas karton yang dicincang dan dicampur dengan bumbu penyedap rasa babi. Wow, bagaimana rasanya memakan karton?

5. Daging Palsu Dengan Zat Kimia

Masih di China, ditemukan sejumlah kasus pemalsuan daging. Pada 2011, ditemukan daging babi yang sudah busuk, tetapi dicampurkan bakteri phosphorescent yang dapat berpendar dengan cahaya agar tampak segar. 

Ada juga daging sapi palsu yang dibuat dari daging babi yang sudah ditambahkan bahan kimia paraffin dan garam agar tampilannya mirip daging sapi. 

Selain itu, ada daging kambing palsu yang berasal dari daging tikus, rubah, dan musang yang telah dicampur bahan-bahan kimia nitrat, gelatin, dan carmine agar tampilannya mirip daging kambing. 

6. Kacang Palsu Dari Semen

Peredaran kacang walnut palsu ditemukan di Provinsi Henan, China. Isinya terbuat dari semen. Jadi, pedagangnya mengeluarkan isi kacang dan dimasukkan semen. Kemudian kulit kacang direkatkan lagi dengan lem. Ada-ada saja!





0 komentar:

Posting Komentar