Ada pengalaman dari yang pernah saya alami mengenai Aki (Accu) sepeda motor Supra X 125 R dengan aki kering bebas perawatan. Setelah beberapa bulan kurang lebih 11 bulan pemakaian aki
tersebut tidak bisa menyimpan listrik untuk waktu yang lama (lebih dari
sehari) dan tidak bisa digunakan untuk starter elektrik, lampu sepedo meterpun mati.
Dari kejadian tersebut motor langsung saya bawa ke bengkel Resmi Honda (AHASS), disana saya mendapatkan beberapa penjelasan penyebab aki motor saya cepat soak, berikut penjelasannya:
Pertama: Jika motor jarang digunakan
Itu terjadi karena pemakaian motor per hari jarak
jelajahnya hanya di bawah 5 km sehingga daya listrik yang dikeluarkan
sewaktu menghidupkan motor dengan starter elektrik tidak seimbang dengan
daya yang dimasukkan sewaktu motor digunakan, Kalau dalam waktu 24 jam tidak dipakai tidak perlu melepas kabel aki (accu), kecuali dalam waktu 3 hari
atau 1 minggu sebaiknya cara ini dipakai, hal ini untuk menghindari
bocornya arus listrik ke ground pada saat motor dalam kondisi mati.
Kedua: Jika sepeda motor sering digunakan dengan lampu utama menyala
Untuk pemakain awal setelah motor tidak jalan lebih dari 5 jam, jangan menyalakan motor dengan starter elektrik tapi gunakan starter yang manual atau pancal agar tidak membebani aki ketika motor dinyalakan, apabila mengendarai motor dengan menyalakan lampu utama siang dan malam maka untuk pemakain awal matikan (posisi off) saklar lampu sebelum motor distarter dengan starter elektrik, meskipun sepeda motor baru saja dipakai atau mesin masih panas, cara ini juga untuk mengurangi beban aki dalam mensuplay listrik ketika motor dinyalakan.
Demikian sedikit penjelasan mengenai cara merawat aki sepeda motor agar awet dari penjelasan mekanik bengkel resmi Honda (AHASS), Untuk penjelasan yang lebih detail silahkan kunjungi bengkel resmi motor anda.
semoga bisa bermanfaat.
Tag: cara merawat aki (accu), tips aki agar awet, aki motor soak, aki honda cepat rusak, aki yamaha dan suzuki