-->

Khusus Ibu Hamil Hindarilah Konsumsi Ikan Bermerkuri


Risiko anak-anak yang lahir dengan gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik atau ADHD (attention deficit/hyperactivity disorder) kemungkinan dipengaruhi oleh konsumsi ikan yang tercemar merkuri saat ibu hamil. Demikian hasil penelitian terbaru yang dilakukan para peneliti dari Amerika.

Dalam karya ilmiah berjudul Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine, para peneliti menuliskan bahwa mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan per minggu dapat mengurangi 60 persen risiko anak-anak mengalami ADHD.

Namun, kadar merkuri tinggi yang terdapat pada beberapa jenis ikan malah bisa membahayakan otak bayi. Akibatnya, anak berisiko mengalami gejala seperti sifat sangat aktif (hiperaktif), cepat bertindak secara tiba-tiba sesuka hati (impulsif) dan tidak perhatian.

Meskipun studi ini tidak menyebutkan sebab dan akibat yang terjadi, dan tidak menggunakan diagnosis formal ADHD, tapi dapat memberikan wawasan, serta pengaruh terhadap satu dari 10 anak di Amerika.

"Pesan yang paling penting di sini adalah makanlah ikan," kata Ketua Penelitian dari Universitas Boston, jurusan Kesehatan Masyarakat, Sharon Sagiv.

"Hindari makan ikan yang mengandung merkuri, karena efek yang ditimbulkan cukup tinggi," kata Sharon.

Ia mengatakan ikan yang biasanya mengandung kadar merkuri tinggi adalah ikan jenis besar seperti, ikan tuna dan ikan cucut. Sedangkan ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan salmon dan ikan laut (haddock).

Penelitian lalu melihat bahwa tidak ada hubungan antara konsumsi merkuri dengan ADHD.

Pada penelitian yang baru, para peneliti mengamati 788 anak yang lahir di dekat New Bedford, Massachusetts, antara tahun 1993 dan 1998. Mereka menggunakan rambut ibu-ibu sebagai sampel untuk menguji kadar merkuri dan meneliti asupan makanannya untuk melihat berapa kadar merkuri yang dikonsumsi.

Kemudian, seorang peneliti bertanya pada guru salah seorang anak berusia sekitar delapan tahun untuk mengetahui berapa banyak gejala ADHD yang timbul.

Setelah mendapatkan berbagai informasi, para peneliti menemukan 1 mikogram dari setiap gram kadar merkuri dari rambut ibu, terdapat 60 persen peningkatan risiko anak menunjukkan perilaku ADHD.

Sharon menambahkan bahwa dampak negatif dari kekurangan merkuri dapat dicegah dengan mengonsumsi ikan.

Sekitar 60 persen anak-anak menunjukkan perilaku impulsif atau hiperaktif jika ibu mereka mengonsumsi lebih dari dua porsi ikan per minggu. "Saya pikir ini hanya satu penelitian dan hasilnya harus dikonfirmasi," kata Sharon. beritaSatu


Penelusuran yang terkait dengan ibu hamil
nama bayi
ibu hamil muda
senam ibu hamil
makanan ibu hamil
pengertian ibu hamil
gizi ibu hamil
kesehatan ibu hamil
ibu hamil sehat
LihatTutupKomentar