-->

Cara Cepat Menghilangkan Nyeri Otot

Rasa nyeri biasa kita rasakan pada bagian tubuh kita, misalnya di kepala, punggung, pergelangan tangan dan lutut. Sumber dari rasa nyeri ini bisa beragam dan masing masing-masing yang kira rasakan bisa berbeda sumbernya. 

Kalau sudah merasakan nyeri pada anggota tubuh kita, apalagi terasa teramat sangat maka satu hal yang kita inginkan adalah rasa nyeri itu segera hilang atau mereda. Ad beberapa cara yang bisa kita lakukan bila kita merasakan nyeri dan cara-cara ini dapat dikategorikan mudah untuk dilakukan serta murah.

Cara-cara yang tergolong efektif untuk meredakan nyeri adalah sebagai berikut :

1. Memijat 

Memijat kita gunakan apabila kita merasakan nyeri pada otot-otot kita. Nyeri otot dapat disebabkan karena kelelahan atau karena kram dsb. Bila Anda merasakan Nyeri dan pegal pada otot, cobalah untuk menekan bagian otot dengan lembut dan berikan pijatan selama kurang lebih 45 detik.

Cranya adalah dengan menekan otot yang nyeri sehingga keluar warna putih di jari Anda dan tahan hingga 45 detik. Pada mulanya memang terasa sedikit agak sakit, akan tapi cara ini akan meningkatkan energi untuk membuat otot lebih rileks dan tentu saja mengurangi rasa nyeri.

Bila rasa nyeri munculnya pada daerah tubuh yang sulit, seperti punggung, bahu, atau leher maka manfaatkanlah bola tenis. Cara yang dapat digunakan adalah Anda berbaring di lantai dan letakkan bola pada area rasa nyeri kemudian gerakkan tubuh Anda. Rasakan tekanan bola pada punggung, leher dan area sulit yang lain. Lakukan cara ini selama kurang lebih satu hingga lima menit.

2. Mendengarkan musik

Bila Anda suka musik maka manfaatkan untuk rileksasi dan mengendorkan urat-urat syaraf Anda. Musik, apalagi yang lembut sangat efektif untuk rileksasi dan mengutangi rasa nyeri. 

Menurut penelitian di Perancis, mendengarkan musik dapat membantu mengurangi intensitas rasa nyeri pada orang-orang yang mengalami nyeri punggung kronis. Bahkan pada penelitian yang lain ditemukan fakta bahwa hampir separoh dari pasien kanker yang mendengarkan musik selama 30 menit rasa sakitnya berkurang hingga 50 persen.

Maka pada saat Anda merasakan nyeri, putarlah musik favorit dan menjaga fokus pada irama lagu yang menyenangkan serta jangan pikirkan rasa nyeri. Maka Anda akan rileks rasa nyeripun berkurang.

3. Menggosokkan minyak atau gel

Kandungan menthol dan camphor yang terdapat pada minyak atau gel gosok (balsam) diketahui dapat membantu dalam proses meningkatkan aliran darah ke area tubuh yang sakit. Disamping itu juga bisa membantu menghambat sensor pada nyeri, sehingga membuat Anda menjadi tidak begitu terlalu merasakannya.

Maka sangat disarankan bila Anda merasakan nyeri yang sangat manfaatkan minyak dan gel gosok hangat untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkan dari nyeri yang berlebih tadi.



source


LihatTutupKomentar