-->

Daftar Blog Tanpa Captcha di Kolom Komentar

Captcha sebenarnya penting banget buat keamanan blog agar terhindar dari Spammer, namun bagi saya Captcha akan mempersulit bagi para pengunjung untuk memberikan komentar di blog kita, apalagi bagi blog yang masih baru dan sepi visitor sebaiknya menonaktifkan perintah isi kode keamanan (capctha) supaya para pengunjung dan blogger suatu saat bisa melawat blog kita kembali karena ada kemudahan dalam komentar.
Jika sudah demikian apakah tidak takut dengan para spammer? menurut pengalaman saya dengan menonaktifkan captcha tidak banyak spam yang masuk keblog saya, kalaupun ada tidak lebih dari 5 komentar setiap minggunya bahkan masih tergolong jarang sekali. 
Bagi para blogger yang masih menggunakan captha di kolom komentar saran saya untuk dinonaktifkan saja, bisa diaktifkan lagi jika dikemudian hari ternyata banyak spam.
Berikut adalah  Daftar Blog Tanpa Captcha di Kolom Komentar:

Dari daftar blog diatas suatu saat bisa berubah setingan captha, jika dikemudian hari blog-blog tersebut mengaktifkan kembali captcha, maka blog yang bersangkutan akan saya hapus dari daftar ini. Dan bagi sahabat blogger yang belum tercantum nama blognya silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar dengan syarat blognya termasuk bukan yang menggunakan captcha.
Semoga dengan adanya daftar tersebut bisa mempermudah kita untuk saling berkomentar dan blogwalking.


LihatTutupKomentar