Home » , , » Manfaat dan Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Daun Jambu biji atau dalam bahasa lain (psidium guajava) ternyata mempunyai banyak kandungan obat yang tersimpan untuk kesehatan, khasiat itu  terdapat dalam daunnya yaitu berupa : Asam psidoklat, asam oleanolat, asam guajaverin, minyak lemak, minyak atsiri, vitamin dan tannin. Selain itu tanaman buah jambu biji juga kaya akan zat non gizi, seperti serat pangan, komponen karotenoid, dan polifenol.

manfaat dan khasiat daun jambu biji untuk kesehatan
Daun Jambu Biji
Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat daun jambu biji atau jambuklutuk: Berkhasiat untuk Obat diare, Obat maag, Obat sariawan, Obat masuk angin, Demam berdarah, Penurun kadar kolesterol tinggi, Sering buang air kecil, Luka dan luka berdarah, Sariawan dan sakit gigi dan Perut kembung.
Nah, sekarang bagaimana caranya meramu daun jambu biji untuk dijadikan herbal atau obat tradissional? Berikut adalaha cara meramu daun jambu klutuk untuk obat herbal:


Cara meramu untuk obat demam berdarah 

Petiklah 5 lembar daun jambu biji, kemudian direbus dengan air sebanyak 2 gelas, saring dan minum ramuan tersebut dalam waktu 4 jam sekali sampai dirasa sudah sembuh dari sakit demam berdarah.


Cara meramu daun jambu untuk Menurunkan kadar kolesterol 

Ambilah 7 lembar daun jambu biji yang masih segar, kemudian tambahkan 2 genggam daun ceremai dan 10 lembar daun sirih, jangan lupa cuci bahan-bahan tersebut sampai bersih, selanjutnya  rebus dengan air sebanyak 3 gelas sampai tersisa separuhnya, lalu Minumlah air rebusan tersebut 1/2 gelas dipagi hari, dan 1/2 gelas malam hari. 


Cara meramu daun jambu untuk penyakit  Diabetes 

Seduhlah daun jambu biji jambu seperti cara diatas,dengan meminum seduhan daun jambu biji dapat menghambat enzim alpha-glukosidase. Pengendalian kadar gula darah penting untuk orang penderita diabetes atau prediabetes sehingga tidak menimbulkan komplikasi. 


Cara meramu daun jambu untuk sakit Diare dan disentri 

Petiklah pucuk daun jambu biji yang masih muda 2-3 lembar, lalu cuci bersih, kemudian makan langsung dengan menambahkan sedikt garam untuk menyamarkan rasa aslinya. Atau dengan cara direbus terlebih dahulu. Bisa juga dengan cara dibuat sebagai teh maka cukup diseduh saja dengan air panas. 


Cara meramu daun jambu untuk Mencegah infeksi luka luar 

Ambilah 5 lembar daun jambu biji yang masih segar, kemudian tumbuk hingga halus, lalu lumatkan atu balurkan pada bagin kulit yang luka atau terkena infeksi. 


Cara meramu daun jambu untuk obat masuk angin 

Sediakan dahulu 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 buah cabai merah, 3 buah asam, 1 potong gula merah, dan garam secukupnya. Rebuslah semua bahan tersebut bersama 1 liter air sampai mendidih, kemudian saring dan konsumsi airnya setelah dingin sebanyak 2 kali sehari. 


Cara meramu daun jambu untuk Obat maag 

Petiklah 8 lembar daun jambu biji segar yang sudah dicuci bersih, kemudian rebus dengan 1 1/2 gelas air sampai mendidih. Saring air rebusan tersebut setelah dingin, selanjutnya konsumsi tiga kali sehari. 


Cara meramu daun jambu  untuk Obat sariawan 

Siapkanlah 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji,  lalu rebus bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga mendidih. Saring untuk diambil airnya, dan konsumsi sebanyak 2 kali sehari. 


Cara meramu daun jambu  Obat diare 
  • Siapkan terlebih dahulu 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit, dan batang dari tanaman jambu biji. Rebus semua bahan tersebut ke dalam 1,5 liter air hingga mendidih. Saring airnya dan konsumsi 2 kali sehari.
  • Selain itu kita juga bisa mengunyah daun jambu biji yang masih muda dengan tambahan sedikit garam. Telan airnya dan buang ampasnya.


Dari uraian diatas ternyata banyak sekali manfaat daun jambu biji untuk dijadikan ramuan tradisional bagi kesehatan, kebugaran dan kecantikan tubuh. Tidak hanya itu, ternyata daun jambu biji ini juga bisa digunakan sebagai deodorant alami untuk mengatasi masalah bau badan hanya dengan menumbuk beberapa helai daun jambu biji yang kemudian di usapkan pada bagian yang berbau.
Demikianlah beberapa khasiat dan  manfaat dari daun jambu biji untuk kesehatan, semoga dapat bermanfaat.