Mengatasi Hasil Cetak Kurang Sempurna Pada Epson R230

----SOFTWARE AKUNTANSI DAN SOFTWARE KASIR TOKO MURAH BANGET >> KLIK DISINI---

Pada artikel ini saya mencoba untuk memposting salah satu troubleshooting mengenai printer Epson Stylus Photo R230 seputar cara menghasilkan gambar yang berkualitas.


Cara mengatasi hasil print bergaris-garis, kurang jelas, warna kabur atau lebih parah lagi tintanya tidak bisa keluar. kondisi ini sering terjadi karena kurangnya perhatian terhadap head printer. Kelalaian dalam merawat dan menjaga printer khususnya printer Inkjet dapat menyebabkan kerusakan pada head printer secara temporary maupun secara permanen.



Untuk cara memperbaiki atau mengatasinya, hal pertama yang dapat kita lakukan adalah membersihkan head printer. Untuk cara membersihkannya, Lepaskan head printer dan catridge dari printer, pisahkan catridge tinta dari head. Jangan menyentuh rangkaian elektronik yg ada disekitar Head printer, karena dapat menyebabkan kerusakan pada rangkainan elektronik tersebut. Gunakan cairan pembersih head untuk menghilangkan bekas tinta yang beku dan kering, kemungkinan besar itu adalah menyebab utama tinta tidak dapat keluar pada saat mencetak. 

Kalau anda tidak memiliki cairan pembersih Head Printer coba gunakan tips berikut ini :

• Ambil air panas, tuangkan dalam mangkok.
• Celupkan ujung head ke dalam air panas yang ada dalam mangkok. Perhatikan jangan sampai air menyentuh rangkaian elektronika yang ada di sekitar head karena dapat merusaknya.
• Goyang-goyangkan head printer tersebut hingga tinta yang ada di dalam head mencair.
• Ulangi langkah pencelupan (4 hingga 6 Kali) diatas dengan air panas yang baru hingga air panas yang baru tetap bening (tidak terkontaminasi tinta yang keluar dari head).
• Keringkan head printer dengan kain yang halus hingga benar-benar kering.

Pasang kembali head printer dan catridge ke printer dan cobalah untuk mencetak. Bila anda telah melakukan langkah-langkah pembersihan head printer seperti diatas namun hasilnya tetap sama, kemungkinan penyumbatan terjadi hingga bagian pipa penyaluran tinta. Bila hal ini terjadi, cobalah untuk menguapi saluran tinta head dengan uap panas hingga kira-kira tinta yang ada di dalam pipa mencair, kemudian ulangi langkah pembersihan head seperti diatas. 

Itu saja Tips "Cara mengatasi hasil Print Epson yang kurang jelas". Adapun Untuk Epson R230x bisa anda ikuti cara seperti berikut:

Untuk solusi mengatasi Epson R230x hasil print tinta warna dan hitam kurang jelas dan bergaris-garis itu masalahnya ada pada Head Printer tersebut, kemungkinan headnya kotor atau tersumbat, cara membersihkan head printer Epson r230x adalah dengan menyemprot head atau menyedot head dengan alat suntikan yang jarum nya diganti dengan selang karet. Coba anda sedot 2 kali cetiap warna dan harus merata, selanjutnya pasang kembali cartridge epson R230x tersebut, terus anda coba cleaning 3 kali, setelah itu matikan printer sebentar baru anda coba print kembali. Catatan : Printnya harus anda ubah menjadi Text & Image jangan menggunakan Text lagi karena ini salah satu kelemahan Printer R230x kalau sudah sering dipakai.

Anda juga dapat melakukan cara ini (kondisi head masih bagus)
1. Cabut semua kabel ke printer (kabel power dan kabel data)
2. Beli aquades di Apotek/toko obat
3. Cartridge printer Epson r230x keluarkan semua, selanjutnya anda ambil tisu kemudian lipat, taruh di bawah head printer.
4. Masukan air aquades tadi ke head printer pake suntikan (headnya biar kerendam)
5. Biarkan selama satu malam, kalau sudah, anda bersihkan bekas aquades dengan tisu sampai kering.
6. Selesai, coba anda print seperti biasa. Semoga berhasil! 


1 komentar:

  1. Info yang bermanfaat banget..

    mampir juga ya..
    http://www.iwan-tkj.co.cc/2012/09/mencermati-benchmark-sebagai-panduan.html

    BalasHapus