-->

Inilah Tips dan Trik Mempercepat Kinerja Perangkat Android

Tips Mempercepat Perangkat Android - Mempunyai perangkat Android yang responsif dan cepat eksekusinya adalah sangat menyenangkan. Bukan saja karena terhindar dari kelemotan, tetapi juga waktu kita menjadi sangat efektif dan efisian bila perangkat yang kita gunakan mempunyai kinerja yang bagus.

Namun, secepat apapun perangkat android kita memberikan respon dalam eksekusi perintah, pada suatu saat juga akan sampai pada titik dimana android kita berjalan bagaikan siput. Ya pada saat tertentu perangkat android kita akan turun performanya.

Jika perangkat android yang kita miliki telah sampai pada tahap ini, jangan panik dan terburu-buru membeli gadget yang baru. Karena performa android yang menurun bisa ditingkatkan kembali dengan tips yang akan dinerikan oleh pak-sodikin.com

Untuk mengembalikan kecepatan eksekusi perintah perangkat Android, Anda tidak perlu melakukan defragmentation. Mengapa, karena perangkat Android tidak sama dengan Windows yang memerlukan berbagai bentuk perawatan.

Ada dua langkah untuk kembali mempercepat kinerja perangkat Android, yang pertama adalah cara basic atau dasar dan yang kedua advance. 

Sekarang kita awali dari cara pertama, yaitu langkah yang paling mudah :basic dan secara berurutan meningkat kelangkah yang advance.

Optimasi Home Screens

Pada saat banyak widgets yang ditampilkan dan juga live wallpapers di home screens maka secara tidak langsung hal tersebut akan meperberat kinerja Android Anda. Memang bagi perangkat Android terbaru, banyak widgets dan live wallpapers tidak begitu menyebabkan melambatnya kinerja. Akan tetapi Anda sebaiknya tetap memperhatikan untuk meringankan kerja prosesor dan RAM. 

Kill dan Uninstall Aplikasi yang tidak berguna

Pada kita menjalankan sebuah aplikasi dan kita lupa untuk mematikan aplikasi tersebut secara sempurna maka aplikasi tersebut akan tetap tersimpan dan berjalan dalam RAM. Bila hal tersebut terjadi maka secera otomatis akan menggangu kinerja prosesor karena masih berjalan. Oleh karena itu kita harus menjalankan fungsi kill aplikasi tersebut agar kinerja prosesor menjadi ringan. Ada aplikasi yang berfungsi seperti task manager yaitu Watchdog Task Manager.

Install Browser

Jika ponsel Android yang kita memiliki sudah mentok pada versi Gingerbread dan browser di Gingerbread sudah terlalu lama tidak diupdate maka hal tersebut dapat menurunkan kinerja browser. Solusinya adalah menginstall dengan browser yang lebih baru yang tersedia di Googleplay. Ada banyak alternatif browser yang dapat kita install pada perangkat android kita seperti Google Chrome, Firefox, dan Operamini . Sesungguhnya tidak hanya bagi versi Gingerbread saja, lebih atas dari versi tersebut juga dapat menginstall browser sesuai kebutuhannya. Intinya adalah untuk meningkatkan kecepatan dan kinerja berselancar di Internet.

Bagi Anda yang telah paham betul akan dalamnya perangkat Android, untuk meningkatkan kinerja perangkat Android dari basic naik level ke advance. Sekali lagi teknik ini hanya teruntuk yang sudah menguasai betul Android OS. Bagi pemula sangat tidak disarankan untuk mencoba teknik advance ini.

Mengoverclock Perangkat Android

Sama seperti perangkat computer, baik desktop atau laptop, kita juga dapat melakukan overclock perangkat Android guna meningkatkan kinerja dan kecepatan. Perlu diketahui bahwa sebelum kita mengoverclocking, perangkat Android harus di rooting terlebih dahulu. 

Ada aplikasi bagus untuk melakukan tugas overclocking CPU perangkat Android kita. Perangkat tersebut adalah SetCPU app. Satu hal yang perlau dipahami adalah bahwa overclocking cpu akan menyebabkan cpu tersebut bekerja lebih cepat sehingga akan menjadikan perangkat android kita panas yang lebih dan hal tersebut akan berdampak pada borosnya pemakaian bateray.

Meng-Install Custom ROMs

Bila sebuah sistem melakukan update atau pembaharuan pastilah dikarenakan untuk memperbaiki kelemahan versi sebelumnya. Pada Android 4.1 Jelly Bean juga tentu lebih baik dari pada Gingerbread. Namun sayangnya tidak seluruh ponsel Android mampu melakukan update official. Jika Anda tidak sabar untuk menunggu giliran, Anda dapat melakukan update dengan cara menginstall custom ROM. Satu diantara custom ROM yang ada dan telah populer adalah CyanogenMod.

Melakukan Manage Autostart Programs

Bila kita telah melakukan rooting pada perangkat Android kita, selanjutnya kita dapat memakai aplikasi seperti Autostarts dalam mengatur aplikasi mana yang akan berjalan dengan otomatis. Sehingga dengan seperti itu akan mempersingkat proses booting.


source
LihatTutupKomentar